Yogyakarta – Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum (PP dan PH) Kemenkum DIY, Soleh Joko Sutopo, memberikan arahan kepada seluruh pegawai Divisi PP dan PH terkait implementasi inovasi digital guna mendukung penyederhanaan birokrasi dan proses bisnis. Arahan ini juga menjadi tindak lanjut dari pengarahan strategis Kepala Kantor Wilayah Kemenkum DIY, Agung Rektono Seto, mengenai percepatan penyelesaian target kinerja dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.
Soleh memperkenalkan dua aplikasi inovatif, yaitu Monday dan Kalandra, yang masing-masing memiliki fokus untuk mendukung layanan harmonisasi peraturan daerah dan pembinaan serta konsultasi hukum.
Monday, menurut Soleh, dirancang untuk mempercepat dan mempermudah proses harmonisasi peraturan daerah. "Aplikasi ini memungkinkan koordinasi lebih efisien antarinstansi, memantau setiap tahapan harmonisasi, dan memastikan dokumen peraturan selesai dengan akurat dan transparan. Dengan Monday, kita ingin harmonisasi berjalan lebih efektif," jelasnya, Kamis (16/1/2025).
Sementara itu, Kalandra dirancang untuk mendukung pembinaan hukum dan konsultasi hukum. "Aplikasi ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dan stakeholder yang membutuhkan layanan konsultasi atau pembinaan hukum. Pengajuan layanan dapat dilakukan secara digital, sehingga lebih cepat dan akuntabel," tambah Soleh.
Ia menekankan bahwa inovasi ini sejalan dengan arahan Kakanwil untuk mempercepat penyelesaian tugas strategis dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. "Aplikasi ini menjadi alat untuk mempercepat penyelesaian target kinerja yang diamanahkan oleh Bapak Kakanwil. Dengan digitalisasi layanan, kita dapat memberikan kontribusi nyata terhadap indeks pelayanan publik dan reformasi birokrasi," ujarnya.
Soleh juga meminta seluruh pegawai untuk segera menguasai dan memanfaatkan aplikasi tersebut dengan optimal. "Saya harap Bapak/Ibu dapat memahami dan mengimplementasikan teknologi ini agar layanan kita semakin baik dan profesional," imbaunya.
Dengan melanjutkan arahan strategis Kakanwil, Soleh optimis bahwa Divisi PP dan PH dapat semakin responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar reformasi birokrasi. Aplikasi Monday dan Kalandra menjadi bukti komitmen Divisi PP dan PH dalam menghadirkan solusi inovatif demi menciptakan pelayanan yang efektif, efisien, dan berkualitas.
(Humas Kanwil Kemenkum DIY - Jogja Pasti Istimewa)